Monday, September 12, 2016

ITB Part 1 - Awal Mula Kenapa Aku Bisa Salah Jurusan

Cerita ini dimulai pada saat aku berada di kelas 3 SMA.

Aku bukanlah anak yang terlahir dari keluarga yang berpendidikan tinggi.

Didalam mindset keluarga ku, lanjut sekolah dari SMA ke kuliah itu hanya dilihat dari kampus saja, jadi contohnya bila aku lanjut ke universitas top seperti ITB, UNPAD, UI, UGM, dll maka aku keren dan insyaAllah masa depanku bagus tanpa tau seluk beluk di dalamnya seperti apa.

Jadi, sewaktu aku mau lulus SMA, di pikiranku isinya hanya "Bagaimana caranya aku bisa keterima di universitas top, apapun jurusannya, agar orangtuaku bangga".

Jeleknya aku, aku tidak pernah mengembangkan hobi sewaktu sekolah SD, SMP, SMA. Jadi aku tidak tau bakat apa yang ada di dalam diri dan siap untuk dikembangkan. Yang aku kerjakan hanya sekolah -> pulang -> kerjain PR -> nonton dvd drama korea -> tidur  (apa diantara kalian ada yang begini juga? kalo ada, please do something better for youself). 

Hasilnya apa?

Ya, mungkin kalo kalian tanya nilai rapotku gimana, aku bisa jawab dengan tegas "Alhamdulillah, Bagus!", tapi giliran ditanya "Mau ambil jurusan apa pas kuliah nanti?" Hemmmmm gatau deehhh jurusan apa, bingung banget...

4 tahun lalu, tepatnya di tahun 2012, tes masuk perguruan tinggu itu ada 2:
1. SNMPTN Undangan (Pake nilai rapot)
2. SNMPTN Tertulis (Ujian tulis IPA, IPS, IPC)

Karna SMA ku lumayan terkenal baik, dan nilai rapotku juga tergolong bagus, pada waktu itu aku yakin bakal mudah diterima di PTN lewat jalur undangan (Please lagi yang ini jangan ditiru, karna kalau tiba-tiba ga keterima, bisa nangis darah karna ga akan bisa diterima PTN dengan mudah lewat jalur tulis).

SMA ku terkenal dengan murid-muridnya yang 'seakan' bedol desa ke ITB. Dan setelah berunding dengan ayah, beliau setuju jika aku coba daftar undangan ke ITB. Yasudah aku sih nurut aja, yang penting ayahku senang, insyaAllah aku juga pasti senang.


Masalah muncul saat hendak memilih fakultas mana yang cocok buat aku, karna ITB banyak bgt fakultasnya dan cuma boleh milih 2 di SNMPTN Undangan.

Fakultas-fakultas ITB diantaranya:
1. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
3. Sekolah Farmasi (SF)
4. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
6. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
7. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
8. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
9. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
10. Sekolah Arsitektur, Perancangan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
11. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
12. Sekolah Bisnis dan Mangemen (SBM)

Singkat cerita, aku dan ayahku mengatur strategi gimana caranya aku bisa tembus ITB.
Jadi gini, karna cuma boleh milih 2 dari 12 fakultas diatas, ayahku minta pilih 1 dari fakultas yang paling susah didapat di ITB, 1 lagi pilih yang kira-kira aku yakin bisa lolos dan cocok buat cewek.

Dari hasil kekepoan aku ke anak-anak SMA ku yang daftar undangan ke ITB, berikut adalah fakultas yang paling banyak diminati:
1. FTI (sudah lebih dari 20 yang milih ini)
2. STEI (sudah lebih dari 15 yang milih ini)
3. FTSL (sudah lebih dari 20 yang milih ini)
4. FTTM (sudah lebih dari 10 yang milih ini)
Karna denger-denger di tahun sebelumnya ITB memilih maksimal 10-15 siswa terbaik sekolahku untuk masuk di tiap-tiap fakultas diatas, maka untuk memper-'aman' posisiku, aku milih daftar FTTM tanpa tau didalamnya itu bakal belajar apa saja dan hanya bermodalkan sedikit pengetahuan bahwa kerja di tambang dan minyak itu gajinya gede (ini yang bikin aku nyesel sampai sekarang).

Pilihan kedua yang aku pilih adalah SAPPK, karna selain dulu sewaktu SMA nilaiku bagus dalam gambar teknik serta ada sedikit bakat dalam hal desain-men-desain juga disini pusatnya cewe-cewe cakep ITB (niatnya sih biar bisa di taksir sama wocowo ITB yang katanya kece-kece itu hahaha, gubrak bgt niatnya)





3 gambar diatas adalah pengalaman hasil gambar teknik aku semasa SMA, numpang pamer dikit boleh dong yayaya? Lumayan bagus menurutku untuk segi karya anak SMA sih hehe. Saat ini aku sudah tidak pernah menggambar lagi :(

Oh ya, ini ada peta yang lumayan menarik perhatianku terkait pemilihan SAPPK sebagai pilihan 2 ku


(Sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/)

FYI, yuk kita bahas ttg peta diatas dimulai dari yang ujug atas hingga bawah:
1. Cewe kece super stylish itu wecewe SBM
2. Gadis mandiri dan penuh percaya diri itu Geologi atau dari FTTM
3. Penyayang dan lovely itu wecewe FTI atau SITH
4. Warrior princess itu wecewe dari FTMD atau lebih tepatnya cewe mesin
5. Calon istri idaman itu wecewe dari SF
6. BADAI!! itu cewe-cewe FTSL atau lebih tepatnya sipil
7. Bidadari itu wecewe dari SAPPK LOOHHHH :)
8. Cewe antik super artsy yang out of my league itu cewe FSRD

8 poin diatas ini merupakan FAKTA ya sodara-sodara! pengetahuan bgt buat cowo yang mau masuk ITB atau mau coba deketin cewe ITB hehehe

Back to the topic, pada akhirnya setelah diterapkannya strategi aku dan ayahku, pengumuman hasil SNMPTN Undangan menunjukkan bahwa aku keterima di:

FTTM - ITB

Aku melihat pengumuman pada waktu itu di warnet dekat rumah dengan ayahku tercinta. Alhamdulillah wa Syukurillah dan langsung nangis meluk ayah.

Tapi...

Anehnya dalam tangisanku ada bahagia dan ada duka juga.

Dukanya adalah "MAMPUS GUE MASUK TEKNIK, FISIKA GUE SEMASA SMA HAMPIR REMEDIAL TERUS, GA ADA BAKAT FISIKA SAMSEK......"

Dengan cerita singkat diatas, kalian udah mulai bisa menebak dong ya kenapa aku bisa salah jurusan?
Yaa, I am not thinking about the future, asal-asalan milih fakultas.
Kalian jangan ikutin ini!!
Ini jelas-jelas cara yang salah!!

Ini tips dari aku untuk kalian para SMA-ers
1. Kalian harus mulai cari tau bakat kalian dan passion kalian sejak SMA
2. Cari tau jurusan yang bisa menggali bakat dan passion kalian
3. Terakhir, baru cari universitas mana yang mempunyai jurusan tersebut

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mau tau pengalaman masuk FTTM gimana? 

Lanjut part 2 yaaa. SOON! I promise


SPOILEERRRR....


Jamannya OSKM di ITB hehehe

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

FYI aja, ini adalah mantan SMA ku dulu bersama sahabat-sahabatku tercinta (aku yang paling kanan)


(P.S: Kenapa fisika hampir remedial terus tapi masuk SNMPTN Undangan? Karna menurut survey, fisika di SMA ku lebih susah dari SMA-SMA lainnya. Dan menurutku, aku memang ga ada bakat di fisika, lebih ke matematik, kimia, dan biologi)

Kalo ada pertanyaan silahkan comment ke instagram aku atau ask.fm ku disini


Salam,
Alifah Ratu Saelynda




2 comments: