Wednesday, September 14, 2016

ITB Part 2 - Pre Mahasiswa Tahun Pertama FTTM ITB [MATRIKULASI]

Melanjutkan cerita dari ITB Part 1, disini aku bakal cerita bagaimana perjalanan hidupku setelah dinyatakan lulus menjadi mahasiswa FTTM.



Setelah pengumuman SNMPTN Undangan, siswa-siswa yang dinyatakan diterima mulai mengurus registrasi mahasiswa baru. Seingatku hari nya bertepatan dengan siswa-siswa lain yang melakukan tes SNMPTN Tulis. Hal ini dilakukan agar tidak ada siswa yang keterima double di kedua SNMPTN tersebut.

Hal-hal yang dipersiapkan antara lain (seingatku aja ya):
1. Ijazah/SKL yang di legalisir
2. Rapot asli SMA 
3. Bukti pembayaran
4. Hasil tes medical check up dan tes buta warna
5. Sertifikat prestasi (kalau punya, saya kebetulan ga punya hehe)

Dulu, jamanku di tahun 2012, pembayaran ITB mulai menjadi biaya persemester Rp. 5.000.000 berapapun SKS yang diambil dengan uang pangkal sebesar Rp. 55.000.000. Namun untuk uang pangkal ini bisa meminta keringanan ke rektorat ITB kok, mulai dari Rp. 0, kelipatan Rp.11.000.000, hingga bayar full.

Kalau saat ini, setahu saya ITB sudah tidak ada uang pangkal. Tetapi bayarnya Rp. 10.000.000/semester. CMIWW.

Setelah registrasi tersebut, ada kegiatan yang namanya matrikulasi. Matrikulasi ini semacam kegiatan perkenalan antar mahasiswa baru SNMPTN Undangan dengan ITB.


Kegiatannya matrikulasi apa aja sih??

Seinget aku yaa....
1. Dikumpulin di ruang kuliah umum terus dihadiri oleh dosen-dosen penting FTTM (dekan, kaprodi, dll) untuk memberi gambaran besar seperti apa masing-masing jurusan yang ada di FTTM dan beberapa mahasiswa berprestasi Tambang, Minyak, Metalurgi, dan Geofisika baik dari segi akademik maupun dari kegiatan organisasi nya
2. Dikumpulin di aula ITB terus kenalan dengan dosen TM yaitu mbak Nenny Miryani Saptadji (yang ternyata pada tingkat akhir menjadi dosen pembimbing tugas akhir saya hehehe). Beliau hadir disana untuk memberi motivasi kepada kami mahasiswa baru supaya bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi, tidak terjerumus dengan hal-hal negatif, dan bisa lulus tepat waktu
3. Kami diberikan pelatihan 7 habits yang menjelaskan tentang 7 kebiasaan yang harus dimiliki setiap mahasiswa yaitu:
1.       Menjadi proaktif
2.       Mulai dengan tujuan akhir
3.       Dahulukan yang pertama
4.       Think win-win
5.       Berusaha memahami dulu, baru dipahami
6.       Wujudkan sinergi
7.       Asahlah gergaji


Alhamdulillah lumayan bisa dapat sertifikat seperti diatas walaupun sertifikatnya baru jadi setelah saya berada di tingkat 4 ITB :)

4. Kita diajak keliling ITB juga. Seingatku dulu, kami mengunjungi FTTM, Lab Perminyakan, Lab Pertambangan, Lab Metalurgi, Lab Geofisika, Lab Kimia Dasar, Kantin bengkok, perpustakaan pusat ITB, Gedung serba guna ITB.
Kesan selama diajak keliling ITB: Walaupun sudah berusaha keras untuk mengerti, boro-boro hapal kegunaan alat-alat di Lab, wong denah ITB aja masih belum hapal (Maklum mahasiswa baru hehehe)

Berikut adalah denah lama ITB, walaupun sekarang sudah ada bangunan baru dan beberapa bangunan yang dirobohkan, tetapi sebagian besar masih sama ko :)

Oh ya, FTTM berada di Zona F (Bagunan paling kanan atas, biasa disebut juga timur jauh)


(sumber gambar: http://4.bp.blogspot.com)

5. Mendekati hari terakhir matrikulasi, kami juga diajak jalan-jalan loh ke Museum Geologi dan Goa Jepang dan Belanda. Tapi aku minta maaf, foto saat jalan-jalannya ga ada hiks.. hiksss....



(sumber gambar: www.wisatamuseum.com dan https://ceukkangupi.wordpress.com)

InsyaAllah 5 poin diatas sudah bisa mewakili 17 hari matrikulasi sebelum masuk kuliah di tahun pertama ITB.

Sebenarnya kegiatan matrikulasi menyenangkan, tetapi karna satu dan lain hal sepertinya kegiatan ini sudah tidak ada lagi. Bahkan aku denger hanya untuk mahasiswa bidikmisi saja.

Mahasiswa bidikmisi adalah mahasiswa yang memperoleh bantuan dana untuk kuliah dari pemerintah. Mahasiswa yang boleh mendapat hanya mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Mahasiswa ini kemudian di gratiskan biaya pendidikannya selama 4 tahun bahkan pemerintah juga memberikan uang tunjangan bulanan.

So, jangan takut buat masuk ITB dan PTN lainnya ya adik-adik. Asalkan kalian ingin sekolah tinggi, pasti ada jalan untuk bisa bersekolah di perguruan tinggi yang kalian inginkan.

Sekian artikel blog hari ini..

Artikel selanjutnya akan berbicara mengenai kuliah TPB ITB...

SOON YAAA....

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Behind the scene:


Sebenarnya Matrikulasi itu ada tugas tertulisnya, jadi semacam diari gitu apa-apa aja yang dikerjakan selama 17 hari hehehe.

Berhubung detail 5 poin matrikulasi diatas belum ada, nanti kalau ada waktu bakal aku perinci sesuai yang ada di tugas matrikulasi ku dulu ya mentemen

No comments:

Post a Comment