Monday, September 26, 2016

ITB Part 4 - Penjurusan di FTTM ITB / Apa itu kuesioner jurusan di FTTM ITB


Saat TPB, kalian akan diminta rektorat untuk mengisi 2-3 kali kuesioner penjurusan. Di kuesioner ini kalian bakal dilihat kekonsitenannya dalam memilih jurusan sesuai minat kalian masing-masing. Kuesioner yang paling menentukan itu biasanya kuesioner terakhir, karna disini kalian sudah fix dalam menentukan jurusan pilihan kalian dan diharapkan tidak menyesal lagi dengan jurusan yang nanti bakal kalian terima.

Kalian nanti akan ditempatkan pada jurusan sesuai dengan prioritas yang kalian isi di kuesioner dan juga dilihat dari IPK TPB kalian.

Misal nih, untuk kuesioner penjurusan aku secara konsisten milih:
1. Teknik Perminyakan
2. Teknik Pertambangan
3. Teknik Geofisika
4. Teknik Metalurgi

Nah misal IPK TPB aku 3.00 dan ternyata IPK minimal untuk memasuki Teknik Perminyakan itu 3.20, otomatis aku akan dioper ke jurusan yang lain, bisa tambang, geofisika, atau metalurgi.

Kenapa bisa tambang, geofisika, atau metalurgi? Ko ga turun ke prioritas 2 dulu, lalu ke 3, lalu ke 4?

Jawabannya yaitu karna bisa jadi ada yang milih tambang atau geofisika atau metalurgi sebagai pilihan 1 dengan IPK yang sama dengan kalian, otomatis merekalah yang diprioritaskan masuk masuk jurusan tersebut.
Jadi kalian harus agak bersiap-siap ditempatkan di jurusan manapun kalau IPK kalian agak pas-pas untuk bisa masuk ke jurusan yang kalian inginkan. Pandai-pandailah memilih jurusan selain melihat minat, kalian juga harus melihat kemampuan diri kalian sendiri.

Untuk itulah dibutuhkan kerja keras selama TPB untuk memasuki jurusan yang kalian inginkan, terutama jika jurusan tsb adalah jurusan favorit mahasiswa baru.

Tips-tips untuk melewati masa TPB dengan gemilang ada di link ini How To Survive TPB :)

Nah bagi kalian yang belum bisa memasuki jurusan yang diinginkan karna masalah IPK, tenang saja jangan khawatir.

Aku punya cerita, waktu angkatan 2012 penjurusan, ranking 1 jurusan ditempati oleh Teknik Minyak dengan IPK minimum 3.4x, ranking 2 jurusan Teknik Geofisika, ranking 3 itu kalo ga Teknik Tambang ya Teknik Metalurgi (aku agak lupa). Dulu, ada salah satu temenku yang ingin banget ke Minyak/Tambang, tapi akhirnya di malah merasa agak terbuang karna masuk Metalurgi yang dia pilih sebagai peringkat 4 di kuesionernya. Temenku itu agak kecewa dengan hasilnya.

TERNYATA....

Setelah dijalani, di tahun 2016 harga minyak turun hingga setengah harga minyak 2012, industri minyak kacau balau hingga jarang sekali ada perekrutan.

Jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Geofisika yang notabene sangat berkaitan erat dengan industri Oil and Gas lambat laun makin kehilangan peminat.

Oleh karenanya, di TPB angkatan 2015 Teknik Metalurgi lah yang ranking 1. Dan untuk abang-kakak Metalurgi angkatan 2012 pasti senang sekali mereka memasuki jurusan yang saat mereka lulus kesempatan bekerja terbuka luas, apalagi untuk yang memilih Metalurgi sebagai peringkat 1 dari jaman TPB (Aku juga sebenernya ikut iri dengan mereka saat menulis ini loh hiks).

Jadi, semua pasti ada hikmahnya, yakinlah keputusan Allah yang menurut kalian jelek ternyata sangat baik untuk kalian di kemudian hari nanti. Yang penting, tugas kita semua sbg manusia di masa sekarang 'present day' adalah  melakukan yang terbaik yang kita bisa dan jangan lupa untuk terus berdoa  :)

Note: saran diatas termasuk untuk aku yang setelah lulus ini merasa sulit mendapat pekerjaan, pasti sedang disiapkan yang terbaik untuk aku oleh Allah, just wait and see hehehe

Oh ya ini ada ringkasan singkat untuk yang ingin tau jurusan-jurusan FTTM secara garis besar:
1. Teknik Perminyakan: Belajar apa itu minyak dan gas, belajar batuan tempat minyak berada, belajar bagaimana estimasi jumlah minyak/gas dibawah permukaan, belajar bagaimana cara membuat sumur untuk memproduksi minyak/gas, belajar bagaimana cara produksi minyak/gas yang efektif dan menguntungkan perusahaan dalam masa kontraknya, dan belajar bagaimana cara meningkatkan produksi saat dirasa ada masalah pada sumur seperti sumur tersumbat atau minyak/gas nya sudah mau habis.
2. Teknik Geofisika: Hampir sama seperti Geologi, disini belajar bagaimana caranya identifikasi bawah permukaan dan permukaan bumi, khususnya untuk menemukan cadangan minyak/gas bumi, bedanya dengan geologi adalah cara menelitinya. Geofisika meneliti bumi dengan instrumentasi/alat yang ada hubungannya sama fisika gitu (Kaya gelombang, getaran, dsb)
3. Teknik Pertambangan: intinya sama kaya minyak sih, bedanya barang yang mau diproduksi bukan berupa fluida tapi padatan (emas, batubara, mineral, dll). Tapi, karna yang mau diproduksi berbeda fasa inilah yang membuat pelajaran kami lumayan berbeda jauh hehe.
4. Teknik Metalurgi: Belajar bagaimana cara mengubah barang tambang mentah bisa menjadi barang yang siap pakai/siap dijual. Jadi disini lumayan banyak kimia nya (Kaya cara ekstraksi, cara memurnikan, cara menghaluskan, dsb)

Sekian post blog hari ini, semoga berguna yaa bagi kalian.

Post selanjutnya insyaAllah akan bertemakan ttg Ospek, Organisasi, dan pelajaran serta gaya belajar di Teknik Perminyakan.





No comments:

Post a Comment