Tuesday, October 4, 2016

ITB Part 5 - Kehidupan setelah penjurusan ke Teknik Perminyakan ITB | Semester 3

Semester 3 di ITB itu menurutku adalah awal mula kita merasakan benar-benar menjadi mahasiswa ITB.

Tidak seperti mahasiswa TPB yang sehari-hari mirip sekolah SMA, dalam artian hanya belajar matematika, kimia, fisika, olahraga, b,indo, b,inggris, komputer, dll, kehidupan penjurusan ini bakal merubah 100% kehidupan kita.

Pada awal mula keterima ITB sebagai mahasiswa TPB, tentu pada awalnya kita akan beradaptasi untuk membiasakan diri belajar di ITB dan mencoba mendapat teman selama 1 tahun. Yang saya rasakan, mendekati penjuruan, semakin nyaman diri saya dengan teman-teman di TPB. Intinya TPB sudah menjadi 'comfort zone' saya. Saya merasa apabila sampai lulus kehidupan pertemanan dan perkuliahan saya seperti di TPB maka insyaAllah kuliah di ITB akan saya lalui dengan baik dan bahagia.

Ternyata, pada kenyataannya, di akhir masa TPB, teman-teman dekat kita belum tentu ingin melanjutkan studi di FTTM dengan jurusan yang sama. Hal ini dikarenakan cita-cita masing-masing individu yang berbeda-beda. Dari geng ku, hanya aku yang kekeuh ingin masuk Teknik Perminyakan, temanku Atin dan Zia ingin masuk Teknik Geofisika, temanku Dani dan Wiji ingin masuk Teknik Pertambangan, dan temanku Riri ingin masuk Teknik Metalurgi.

Walhasil, hasil penjurusan menunjukkan bahwa kami diterima masuk di jurusan yang kami inginkan, tidak ada yang terlempar/hal yang tidak diinginkan lainnya.

Alhamdulillah ya pasti dong ya, orang kita keterima di jurusan yang kita inginin dari awal masuk ITB.

Masalahnya adalah...

Di penjurusan ini kita akan mulai adaptasi kedua di ITB. Adaptasi ini berguna bagi kita kurang lebih 3 tahun kedepan hingga kita lulus dari S1 ITB.

Aku jujur aja masuk Teknik Perminyakan tuh ga punya temen deket, temen kenal biasa sih ada, tapi itu aja ga cukup bro.

Perempuan di Teknik Perminyakan angkatan 2012 itu hanya 13 dari 102 mahasiswa yang diterima. Kata orang-orang sih pasti deket lah sama cewe-cewe disini, orang cuma sedikit, pasti saling bersahabat satu sama lain.

Namun kenyataannya tidak demikian

Aku jujur kesusahan untuk berteman dengan perempuan disini. Aku dari masa TPB gatau kenapa lebih nyambung berteman dengan cewe-cewe dari tanah Jawa. Di Teknik Minyak ini rata-rata cewenya berasal dari daerah Jakarta dan Bekasi. Jadi ya dari cara bermain, bercanda, dan bergosip kami berbeda.

Apa masalah jurusan cuma itu saja? masalah pertemanan?

TIDAK

Masih ada yang lain yaitu masalah pelajaran


Pelajaran jurusan itu sangat sangat sangat sangat berbeda dengan penajaran TPB yang walaupun lebih sulit dari SMA tetap bisa kita terka-terka tujuan akhirnya bakal seperti apa.

Di jurusan, terutama jurusan Teknik Perminyakan, aku yakin 100% mahasiswa semester 3 ini belum tau seperti apa materi yang bakal mereka pelajari.

Yuk dibahas aja materinya:

1. Materi dasar Teknik Perminyakan yang kode depannya TMxxxx seperti Fluida Reservoir dan Petrofisika. 
Mata kuliah dasar TM ini benar-benar harus kalian pelajari dengan baik untuk bekal di tahun ketiga dan tahun keempat, juga bagi kalian yang minat mengikuti Smart Competition (Seperti lomba cerdas cermat gitu, tapi tentang teknik perminyakan). Mata kuliah ini mengandung praktikum di dalamnya, praktikum dilakukan seminggu sekali, namun cukup menguras waktu dan tenaga pada saat mempersiapkan Tugas Pendahuluan, Tes Awal (15 menit sebelum masuk), dan Laporan praktikum.
Jika kalian tidak lulus praktikum, maka otomatis kalian tidak akan lulus pada mata kuliah ini. Serta, Tes Pendahuluan, Tes Awal, dan Laporan Praktikum harus kalian selesaikan dan dinyatakan lulus (untuk Tes Awal) sebaik mungkin jika kalian ingin dinyatakan ikut praktikum.
Sebenernya pelajarannya asik, praktikum juga asik, cuma embel-embel praktikumnya itu yang agak menyebalkan bagi mahasiswa baru.
Dulu sih kalo ga lulus tes awal bakal disuruh ngulang minggu depan (which is jadi useless kita datang praktikum pada minggu ini, dan kita jadi lebih lambat dari teman-teman yang lain), namun sekarang sudah diganti jadi dikasih tugas yang lebih banyak pada bagian laporan bagi orang-orang yang Tes Awalnya mendapat nilai kecil.
Senangnya menjadi angkatan-angkatan TM yang sekarang ini.

2. Mata kuliah yang mendukurng mata kuliah Teknik Perminyakan dari pejaran Teknik Kimia (yang kodenya TKxxxx) dan Teknik Geologi (yang kodenya GLxxxx)
Ini lumayan cukup penting loh, untuk memahami pelajaran TM di tingkat 3 dan 4. Seperti yang dari Teknik Kimia yaitu pelajaran Termodinamika dan Pengantar Peristiwa Perpindahan (include mekanika fluida di dalamnya) pelajaran ini berguna jika sudah masuk-masuk ngomongin perpindahan fluida oil/gas dari reservoir ke sumur hingga ke permukaan atau dalam kata lain proses produksi oil/gas.
Nah kalau yang dari Geologi seperti Geologi Fisik (aka Geologi Dasar yang include praktikum di dalamnya) dan juga mata kuliah Sedimentologi dan Stratigragi yang include praktikum Lab sedimen juga di dalamnya, pelajaran ini berguna bagi kita untuk mengenal Geologi minyak/gas secara garis besar (tidak sedetail geologi memang, tapi at least kita ga akan bego banget jika diajak ngobrol sama orang geologi mengenai batuan sekitar lapangan minyak kita).
Praktikum Geologi ini terkenal rese banget karna tugas nya yang banyak (inget tugasnya! praktikumnya sebenernya ga susah karna cuma berisi pengenalan dan cara pengerjaan tugas yang harus dikumpulin minggu depannya aja huhuhu).
Oh ya, anak Teknik Perminyakan biasa tergolong agak gabisa Geologi loh guys, gatau kenapa terkenal seperti ini. Logika kita jarang nyambung dengan logika geologi hehehe.

3. Mata kuliah lain pendukung seperti dari Matematika (MAxxxx), Elektro (ELxxxx), Informatika (IFxxxx), dan Teknik Mesin (MSxxxx)
Sebenarnya bagus untuk dipelajari, seperti matematika statistik untuk olah data, matematika numerik untuk bikin logika perhitungan di komputer, teknik mesin untuk mekanika dalam pelajaran pemboran, teknik informatika untuk belajar buat software pake bahasa C/C++, dan Elektro untuk bikin model-model rangkaian elektro gitu.
Pelajaran ini bukannya ga baik, bagus banget sebenarnya bagi yang berminat dan punya skill disini, tetapi menurut pendapatku pribadi, pelajaran poin 3 tidak sepenting pelajaran poin 1 dan 2 yang mewajibkan anak Teknik Perminyakan untuk mengerti banget disini.
Oh ya di pelajaran Statistik, Numerik dan Informatika ada praktikumnya juga seminggu sekali loh.

Lumayan berat kan??

Menurutku sih berat banget!!

Karna apa?

1. Karna aku ga punya teman deket untuk tempat belajar dan sharing info
2. Karna pelajarannya baru-baru dan rata-rata ada praktikumnya (sumpah waktu weekend aja bisa penuh buat ngerjain PR dan laporan-laporan)
3. Karna ada Osjur juga pada semester 3 ini. Bayangin aja, osjur kan ga nentu kapan dipanggil abang/kaka nya untuk kumpul. Pas kumpul itu pasti ada spek yang harus dibawa, naahhh aku yang rumahnya jauh ini jadi korban buat bawa spek dari pagi kuliah hingga malam osjur. Cape punggung adek ini bang :-(
4. Ini penting ga penting sih. Di jurusan udah ga ada deh yang namanya bimbel-bimbel. Jadi kudu, wajib, harus mencoba belajar sendiri. Untuk ukuran anak kaya aku yang biasa nunggu diajarin, belajar pake slide atau cukup pake buku catetan sendiri aja, dijamin di jurusan ga akan bisa survive kalo masih manja begini.



Di semester 3 ini, IP ku turun. Dari turun-temurun memang mayoritas pasti turun sih di semester 3 ini karna memang medan kuliahnya yang berat banget!

Ya masalah adaptasi teman baru, adaptasi pelajaran, osjur, praktikum+tugasnya yang seabreg. 

Belum lagi yang rumahnya jauh kaya aku, harus bawa barang-barang osjur dari pagi kuliah, terus diem di ITB hingga nungguin malam tiba, karna osjur biasanya malam. Pulang ke ujungberung baru jam 9 atau 10 malam. Kadang aku dijemput ayah, karna juga memberanikan pakai motor sendiri. 

Memang harusnya ada teman cowo seangkatan yang nganterin pulang kerumah, tapi aku sungkan kalo minta terus, jadi ya hanya sekali dua kali mereka nganter kerumah. Kasian mereka juga yang nganter aku pasti cape kan yaa.

Kalo kalian introvert, ga terlalu pinter-pinter amat kaya aku, dan ga terlalu passion tentang dunia perminyakan juga kaya aku. Semester 3 ini akan berat banget guys...

1. Jujur aku nangis tentang pelajaran-pelajaran yang aku ga ngerti kalo belajar sendiri, aku takut banget kalo ngulang. (FYI mata kuliah yang sering banyak yang ga lulus itu yang dari Teknik Kimia)
2. Jujur aku ga betah sama rentetan acara Osjur. Bagusnya Osjur itu buat ngelatih dekat dengan teman seangkatannya. Namun bagiku, aku tipe orang yang ga supel, untuk hidupku, aku hanya butuh beberapa teman saja asalkan benar-benar loyal satu dan yang lainnya. Ini yang jelek sih menurut aku, ini awal mula kenapa aku ga nyaman sama temen-temen TM hingga pada saat ini aku cuma deket sama geng kecil aku aja.
But, poin 2 ini udah aku lupakan sejak aku ikut kegiatan lain diluar ITB, menemui orang-orang baru selain mahasiswa Teknik Perminyakan. Aku merasa 'alive' lagi menjadi manusia yang dianggap 'ada' mungkin saat aku berada di akhir semester 5 hingga semester 8 (I will tell you on my next article) :)
3. Jujur semester 3 ini ga balance banget hidupnya. Semua serba hectic hingga akhir semester. Hal ini gabungan dari tugas, osjur, kuliah, ga punya temen, dll.

Dari poin diatas, aku rasanya udah muak sama TM. Aku ngerasa disini bukan tempatku. Tapi kalo aku mau ngulang SNMPTN lagi, bagaimana dengan semua uang yang sudah dikeluarkan orang tua aku? Mereka bukan orang kaya, mereka banting tulang untuk mendapatkan uang.

Jadi, pada akhir semester 3, setelah osjur selesai, teman sudah dapat beberapa tapi memang blm dekat banget, sudah tau sedikit dan mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan TM, akhirnya, aku sampai pada kesimpulan "yang penting terus bertahan disini untuk bikin ayah-ibu bangga, gapapa gausah jadi anak menonjol, tetapi aku harus bisa lulus".

Sekian pos blog dari aku hari ini.

Semoga membantu kalian.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang akan mulai bercerita tentang bangkitnya diriku dari masa terpuruk bersekolah di TM ITB.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


1 comment:

  1. Pagi, kak. Kakak punya beberapa diktat dari kakak tingkat kakak terkait materi semester 3?

    ReplyDelete